BAHAYA RADIASI KOMPUTER DAN LAPTOP BAGI KESEHATAN

Oke kali ini saya akan post tentang bahaya tentang penggunaan berlebihan dari penggunaan komputer dan laptop.
Komputer adalah salah satu kemajuan teknologi pada abad ke 20 ini, yang mempunyai banyak fungsi yang dapat membatu kehidupan manusia sehari hari, Namun dibalik keserbagunaannya, komputer juga dapat merusak kesehatan kita, terutama mata. Karena radiasi yang dikeluarkan oleh monitor atau komputer itulah yang dapat mengganggu kesehatan mata. Seiring dengan perkembangan teknologi, radiasi komputer pun dapat diminimalis. Dahulu layar monitor komputer berbentuk seperti balok, sangat besar dan radiasi yang dihasilkan juga cukup besar. Namun sekarang layar monitor sudah ramping dan radiasinya pun sudah semakin kecil, atau sering disebut dengan layar LCD.

Efek Radiasi membuat kita pusing


Waspada keretakan Retina karena pancaran radiasi gelombang beta yang ditimbulkan oleh monitor komputer anda. Monitor komputer produksi mulai tahun 2004 telah menyertakan sebuah komponen silikon radioaktif lemah (grup metalloids) yang mampu membuat warna XVGA lebih cerah dengan biaya yang murah. pancaran radioaktif ini akan terus aktif hingga meluruh habis selama 20 tahun. kerusakan pada mata tidak serta merta, tetapi bersifat gradual. selalu isitirahatkan mata anda dengan cara menutup mata tiap 3 jam berkomputer selama 5 menit. Penelitian lanjut masih dilakukan di pusat mata USA.

 Lalu bagaimana cara mengurangi bahaya radiasi komputer? Berdasarkan penelitian tingkat pancaran gelombang elektromagnet terhadap kesehatan, disarankan agar tidak menempatkan peralatan elektronik rumah tangga terlalu memusat, terutama TV, komputer dan kulkas yang sebaiknya tidak dipusatkan dalam satu ruang atau saling berdekatan karena bisa meningkatkan dosis radiasi dalam jumlah yang berlebihan. Untuk itu posisi peletakan komputer dalam tata ruang sangat penting. Bagian belakang layar komputer jangan sampai menghadap orang lain, karena radiasi komputer paling besar ada di belakang layar, sedangkan didepan layar memiliki tingkat radiasi paling rendah. Bagi pengguna komputer juga disarankan untuk rajin mencuci muka dan tangan, berolahraga ringan agar tubuh hangat setelah berjam-jam di depan komputer.

Cara menjaga Kesehatan mata dan Mengobati Dengan cara berikut : 
  1. Pencahayaan disekitar komputer pun harus mencukupi, jangan menggunakan komputer di ruangan yang gelap
  2. Atur tinggi rendahnya layar agar sejajar dengan mata
  3. Mengatur warna dan pencahayaan layar agar tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap
  4. Dengan menjaga jarak mata anda ke komputer, minimal 30cm.dengan Contrast dan Brightness yang Rendah
  5. Gunakan monitor yang berbentuk LCD/Plasma 
  6. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A   
  7. Passang Kaca radiasi pada layar monitor / pakailah kacamata Radiasi 
  8. Perbanyak makan Wortel
  9. Usahakan Membasuh muka sebelum membuka laptop/komputer
  10. Sesekali melihat dedaunan hijau atau langit biru
 
Oke sekian post dari saya semoga bermanfaat, salam kesehatan

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit