MAKANAN YANG DAPAT MENGOPTIMALKAN KINERJA OTAK

Oke kali ini saya akan share tentang kinerja otak kita, otak kita adalah sebuah pusat pemikiran atau seperti Brainware, maka dari itu penting sekali menjaga otak kita agar tetap stabil.

oke langsung saja berikut makanan yang dpat mengoptimalkan kinerja otak :



  • SayuranKubis, bayam, dan kangkung, adalah sayuran hijau yang sangat baik bagi pertumbuhan otak anak dan orang dewasa. Sayuran ini banyak mengandung vitami B6, Bl2, dan asam folat. fungsinya adalah memperkuat daya ingat dan memproses informasi yang telah dipelajari sebelumnya dgn cepat. Vitamin ini dibutuhkan otak untuk mencegah demensia yg sering disebut jg penyakit lupa dan Alzheimer. Sayuran hijau juga kaya zat besi yang sgt dibutuhkan oleh tubuh.
  • Ikan, banyak memakan ikan maka kalian akan mendapatkan omega 3. dan ternyata memakan ikan secara teratur dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer. Konsumsi omega 3 juga membuat suplai oksigen melimpah ke otak. Otak dapat menerima informasi baru sekaligus memproses ingatan lama. ikan2 di indonesia yg banyak menganding omega 3 adalah ikan tuna, tongkol, tenggiri, layang, ikan kembung dan ikan lemuru. Ikan salmon dan ikan haring juga sangat baik, namun sudah sulit menemukannya.
  • Telur, Semakin tua manusia otak manusia lebih beresiko mengecil. Hal ini disebut juga brain atrophy (kerusakan sel-sel otak). Konsumsi telur secara teratur dapat mengurangi proses alami ini karena telur mengandung vitamin B12 dan lesitin.
  • Vitamin B12 membantu melawan efek pengecilan otak yang lazim dialami para penderita Alzheimer. Kuning telur yang mengandung kolin berperan membangun sel otak dan meningkatkan kemampuan mengingat.telur baik dikomsumsi setiap hari loh
  • Kacang-kacangan dan bij bijian, seperti kacang tanah, kacang mete, kacang kenari, dan biji bunga matahari, kaya akan omega 3 dan 6, asam folat, vitamin E dan vitamin B6 yang membantu otak berpikir lebih cepat dan jernih. Omega 3 dan juga bisa menjadi anti depresan alami agar kita mampu berpikir lebih positif.
  • Buah apel, yang dikenal banyak manfaat, ternyata memberi dampak yg baik bagi otak. Zat quercetin yang terkandung dalam buah apel ternyata bisa membantu melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan otak ini jika tidak dicegah bisa menyebabkan risiko terkena penyakit Alzheimer.
  • Apel, oleh karna itu sah-sah saja kalau kita komsumsi setiap hari. Selain baik untuk otak, apel juga dikenal kaya akan antioksidan yang baik untuk pertahanan tubuh. Menurut penelitian oleh lembaga Agriculture and Agri-Food dari Kanada, Apel merah memiliki kandungan antioksidan paling tinggi dibanding warna lain yang lebih pucat.
  • Jeruk, Kaya akan vitamin C, jeruk terkenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Vitamin C yang tinggi tentu menjadi pelindung yang baik untuk tubuh dari berbagai penyakit. Namun kandungan flavonoids dalam jeruklah yang bermanfaat untuk otak. Sebagai antioksidan, flavonoids bisa melawan efek buruk radikal bebas yang membahayakan otak.
  • Minyak ikan sangat penting bagi otak dan sistem saraf. Ikan seperti sarden, teri, dan salmon mengandung asam omega-3 dan lemak esensial, yang bisa memengaruhi fungsi otak, meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak, dan menjaga kesehatan otak.
  • Cabai,  sebenarnya makanan terbaik otak karena mengandung jumlah vitamin C yang sangat besar (melebihi kadar vitamin C jeruk).  baca selengkapnya tetang cabai disini
  • Biji labu kaya dengan zinc atau seng, kandungan mineral yang berfugsi meningkatkan memori. Ada banyak cara untuk menikmati biji labu. Anda membutuhkan sekitar satu gemggaman biji labu per hari untuk menjaga otak Anda tetap dalam keadaan prima.
  • Tomat berguna untuk mencegah penyakit otak. Itu karena tomat mengandung antioksidan lycopene, yang menghancurkan radikal bebas dalam tubuh. Mengonsumsi tomat dapat membantu melindungi penyakit otak seperti Sindroma Alzheimer.
  • Brokoli merupakan makanan otak yang bagus. Tamanan hijau ini mengandung vitamin K, vitamin C dan antioksidan. Vitamin K yang menjaga fungsi otak dan dapat membantu mencegah demensia.
  • Kacang jenis apapun mengandung vitamin E, yang bisa mencegah kehilangan memori. Kacang juga mengandung banyak lemak sehat.
  • kacang kakao (kacang dari mana coklat dibuat) telah terbukti meningkatkan kesehatan otak. Faktanya cokelat kebanyakan mengandung jumlah kacang yang sangat kecil. Solusinya makanlah beberapa kotak cokelat hitam hitam sehari dengan persentase kakao seperti 85 persen. Memang rasanya agak pahit, tapi cukup menyehatkan.
  • Blueberry telah dinyatakan sebagai makanan super. Bukan saja mereka baik untuk kesehatan tubuh Anda, tetapi juga mengandung banyak antioksidan dan vitamin yang bisa membentengi kesehatan otak Anda.
  • Biji rami mengandung banyak lemak yang sangat sehat, yang bisa meningkatkan fungsi otak. Di pasaran biji Ramj banyak dijual dalam bentuk roti untuk bubur. Cara menikmatinya campurlan mereka dengan makanan lain.
  • Nutrisi Kolin Kolin sebenarnya diproduksi tubuh namun dalam jumlah yang kecil. Makan telur dapat membuat perbedaan yang sangat signifikan untuk kesehatan otak Anda.
  • Pisang, buah ini banyak mengandung vitamin B karena buah ini dapat menigkatkan imajinasi dan ketajaman ingatan kalian
Oke mungkin sekian post saya pada hari ini, semoga bermanfaat, salam kesehatan.
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit